KegiatanNews

Pentingnya Fasilitas Umum! Mahasiswa KKN Undip Buat Peta Fasilitas Umum Berbasis WebGIS Desa Pepedan

Pemalang (31/01/2022) Semakin berkembangnya zaman saat ini, menjadikan dunia digital memiliki peranan yang penting seperti halnya pada pemetaan. Perkembangan zaman tersebut menjadikan peta tidak hanya berupa peta cetak saja, namun sudah berkembang menjadi peta digital yang berbentuk online. Pemetaan berbasis online yang dapat digunakan berupa WebGIS. Salah satu implementasi penggunaan WebGIS terdapat pada peta fasilitas umum yang dapat digunakan dalam mempermudah dalam mengetahui lokasi-lokasi fasilitas umum dengan mudah dan praktis.

Fasilitas umum memiliki peranan yang penting bagi penunjang kehidupan sehari-hari. Banyaknya fasilitas umum yang ada di Desa Pepedan juga menjadikan salah satu potensi yang dapat dijadikan menjadi peta guna mempermudah orang-orang mengetahui letak-letak fasilitas umum terutama teruntuk orang pendatang. Potensi tersebut berupa persebaran fasilitas umum yang ada di Desa Pepedan. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Tim I Undip periode 2022/2023 membuat peta persebaran fasilitas umum berbasis WebGIS yang linknya dapat dilihat sebagai berikut ini : https://gdundip.maps.arcgis.com/apps/webappviewer/index.html?id=1db8dbe8c41f45fda95225fbda5216de

Sumber: Dokumen Pribadi

Pembuatan peta fasilitas umum berbasis WebGIS tersebut dilakukan dengan melakukan survei langsung pada fasilitas umum yang ada di Desa Pepedan, kemudian dilakukan pengolahan menggunakan ArcGIS Online.

Pembuatan peta fasilitas umum berbasis WebGIS ini diharapkan dapat memberikan kemudahan pengguna terutama pada masyarakat pendatang untuk mengetahui letak-letak fasilitas umum yang ada di Desa Pepedan.

Penulis : Jay She Syaharini – Program Studi Teknik Geodesi
DPL : – Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.
– Muhammad Arief Zuliyan S.IP., LL.M
– Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *