KegiatanNews

DORONG KESADARAN MENABUNG, MAHASISWA KKN UNDIP AJARKAN SISWA/SISWI SD MENABUNG SEJAK DINI

Pepedan (27/01/23) – SD N 01 Pepedan merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang berada di Kecamatan Moga. SD N 01 Pepedan berlokasi di Desa Pepedan, yang mana SD N 01 menjadi sekolah dasar satu-satunya di Desa Pepedan. Berdasarkan survei yang dilakukan, ternyata SD N 01 Pepedan sebelumnya tidak memiliki program menabung bagi siswanya. Baru-baru ini SD N 01 Pepedan mengadakan program menabung tetapi hanya untuk siswa kelas 5 saja.
Dari permasalahan ini, mahasiswi KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022/2023, Bryan Afiq Fahmi melakukan program kerja berupa sosialisasi “Pembentukan Perilaku Kebiasaan Menabung Sejak Usia Dini” yang diadakan pada hari Jumat, 27 Januari 2023 di SD N 01 Pepedan.

Sasaran penyampaian sosialisasi adalah sejumlah 14 siswa-siswi kelas 5 SD N 01 Pepedan. Penyampaian sosialisasi dibantu dengan powerpoint yang berisikan materi-materi tentang menabung. Selain menyampaikan materi, dibantu juga dengan alat peraga berupa celengan target untuk membantu siswa-siswi agar lebih gampang memahami hal yang disampaikan. Sosialisasi menabung ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan kesadaran tentang pentingnya menyisihkan sedikit uang untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan membiasakan diri untuk tidak memelihara sifat belanja atas dasar nafsu belaka.
Setelah diadakannya sosialisasi ini, diharapkan siswa-siswi SD N 01 Pepedan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang sudah disampaikan dan bisa menumbuhkan kesadaran pentingnya menabung sejak usia dini untuk menghindari sifat boros dan belanja impulsive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *