KegiatanNews

TINGKATKAN SDM INSTANSI DESA, MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN PELATIHAN AUTOCAD PADA PERANGKAT DESA DI KABUPATEN PEMALANG

Pepedan (18/01/23) – Computer Aided Design (CAD) merupakan salah satu dasar dari ilmu arsitektur. Fungsi atau kegunaan dari CAD adalah sebagai alat bantu untuk merancang produk bagi perencana atau perancang dalam waktu yang relatif singkat dengan tingkat keakurasian yang tinggi. Menurut survey, perangkat desa di Desa Pepedan belum terlatih untuk menggunakan aplikasi AutoCAD.
Dari permasalahan ini, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022/2023, Arsyad Amirul Azmi melakukan program kerja berupa ”Pelatihan AutoCAD Pada Perangkat Desa” yang diadakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 di Balai Desa Pepedan.
Kegiatan tersebut dipersiapkan dan diselenggarakan secara luring yang bertempat di balai desa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan softskill perangkat desa dalam Menggambar Teknik dan meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam merancang bangunan.
Sasaran pemberian pelatihan ini adalah sejumlah beberapa perangkat desa yang ada di Desa Pepedan. Pemberian pelatihan ini dibantu dengan pendampingan berupa modul tentang AutoCAD yang sudah diberikan. Selain menyampaikan tersebut, perangkat desa juga diberi pelatihan cara menggunakan aplikasi AutoCAD agar dapat digunakan dalam perancangan pembangunan suatu bangunan dan tata desa dengan tepat, mudah, dan waktu pengerjaan yang efisien. Melalui pelatihan AutoCAD, perangkat desa dapat membuat dan mendeskripsikan gambar teknik agar mudah dibaca. Dengan ini, AutoCAD dapat dijadikan patokan dalam merancang struktur dan konstruksi bangunan kedepannya.
Setelah diadakannya pelatihan ini, diharapkan perangkat desa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang sudah disampaikan dan dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan pembangunan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *