KegiatanNewsTechnology

Sosialisasi Inklusi UMKM di Wilayah Desa Banyumudal melalui Edukasi Aplikasi Bukuwarung

Banyumudal, Minggu 12 Februari 2023, Berdasarkan Peraturan Pemerintah mendorong UMKM untuk melakukan digitalisasi. Namun sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang masih melakukan pembukuan manual. Karena dapat meningkatkan risiko human error, seperti kesalahan input jumlah transaksi atau hilangnya seluruh data penjualan, cara yang sudah ketinggalan zaman ini dianggap tidak efisien.
Oleh karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk menyikapi persoalan UMKM ini secara lebih konkrit. Misalnya dengan beralih ke sistem pembayaran online terintegrasi atau pembukuan otomatis.
Lebih dalam lagi, sebagai mahasiswa yang melaksanakan KKN diharapkan dapat mengaplikasi ilmu yang telah diperolah ke pada masyarakat sekitar Desa Banyumudal. Seperti yang telah dijalan oleh Daniel Surya sebagai mahasiswa Akuntansi Perpajakan yang melaksanakan program monodisiplin edukasi serta pendampingan mengenail aplikasi bukuwarung sebagai aplikasi pintar dalam pembukuan usaha
Menurut Daniel Surya, masyarakat sekitar masih merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan yang sistematis dan lebih praktis lagi.Sehingga sering juga penghasilan yang dihasilkan tidak mendapatkan hasil yang maksimal.
Minggu 5 Februari 2023, program tersebut dilaksanaan serta diikuti oleh para Umkm yang diwakilkan dengan ibu ibu KWT Simadu Jaya, Dusun Simadu, Desa Banyumudal berjumlah 25 orang yang sangat berpatisipasi diacara tersebut dan bertukar pikiran serta berbagi ilmu.

Aplikasi Bukuwarung merupakan aplikasi sangat membantu para UMKM dalam mengembangkannya usaha guna mendapatkan penghasilan yang maksimal. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang menarik dalam melakukan transaksi serta memanjakan pelanggan yang dapat membayar transaksi tanpa harus tunai dan dapat melalui bank atau dompet digital lewat fitur QRIS.
“Dengan adanya program tersebut para ibu ibu dapat menerapkan ilmu yang diberikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa “ujar Daniel Surya
Disisi lain, Daniel Surya menuturkan bukan hanya ibu ibu kwt saja yang mendapatkan ilmu serta pengalaman baru tetapi masyarakat sekitar Banyumudal juga dapat mendapatkan ilmu yang sama sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *