KegiatanNews

Nambah Ilmu, Mahasiswa KKN Akuntansi Undip memberi Pelatihan dan Pendampingan Laporan Keuangan untuk UMKM KWT Simadu Jaya Desa Banyumudal

Pemalang ( 5/2/2023) KKN menjadi sarana mahasiswa untuk mempraktikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan ke kehidupan sehari-hari, atau pengaplikasian ilmu ke masyarakat. KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 UNDIP. KKN menjadi sarana mahasiswa untuk mempraktikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan ke kehidupan sehari-hari, atau pengaplikasian ilmu ke masyarakat. Program KKN beragam dan tidak terbatas. Program dapat dilaksanakan sekreatif mungkin, mengedukasi, mampu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, maupun memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Karena membutuhkan ilmu dalam pelaksanaannya, program yang diajukan biasanya harus selini dengan prodi masing-masing.

Salah satu bentuk pengaplikasian ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan, mahasiswa KKN TIM I UNDIP yang berada di Kabupaten Pemalang, Kecamatan Moga, Desa Banyumudal yang terdiri dari 8 mahasiswa yang memiliki latar belakang jurusan saling bersatu untuk memajukan masyarakat desa menjadi lebih berkembang.

Sebagai mahasiswa jurusan Akuntansi saya Naura Husniah ingin sekali membantu para UMKM di KWT Simadu Jaya untuk bisa dan mengenal ilmu Akuntansi khususnya di Laporan keuangan untuk menyajikan informasi mengenai kinerja UMKM dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis. Maka dari itu, saya melakukan Pelatihan dan Pendampingan bersama Ibu KWT Simadu Jaya dengan menjelaskan beberapa jenis Laporan Keuangan, Perhitungan serta di beri Latihan Soal yang didampingi agar benar.
Dengan bimbingan bapak dosen Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum. Saya Naura Husniah melihat Keluhan dari para UMKM di KWT Simadu Jaya bahwa mereka belum melakukan pencatatan laporan keuangan dengan benar dikarenakan ilmu yang ada masih terbatas.
Maka dari itu, saya melaksanakan progam kegiatan keilmuan saya dengan melakukan pelatihan serta pendampingan mengenai Laporan Keuangan untuk UMKM dalam penjualan dan pengeluaran. Program tersebut dilaksanakan bagi kelompok Wanita tani simadu jaya dikarenakan kelompok tersebut merupakan perkumpulan ibu ibu yang memiliki kegiatan usaha. Progam tersebut mendapatkan antusias dari ibu ibu yang hadir dengan ditunjukkannya dari aktifnya ibu ibu dalam bertanya dalam sesi pelatihan soal. Pelaksaan program dimulai dari sesi pemaparan materi dan dilanjut sesi pelatihan soal serta pendampingan dalam menghitung Laporan Keuangan untuk UMKM agar peserta lebih tau perhitungan secara langsung dan dapat diterapkan.
Tindak lanjut yang diharapkan dari KWT Simadu Jaya, Diharapkan ibu-ibu KWT Simadu Jaya masih bisa berkomunikasi dengan baik jika terdapat keluhan yang ada dengan bertukar pikiran dan pembagian modul tentang referensi dan tahapan mengenai pemaparan keilmuan yang telah disajikan guna untuk dipraktikan secara langsung dan menambah ilmu untuk UMKM KWT Simadu Jaya lebih maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *