KegiatanNewsTechnology

Tim 1 KKN UNDIP Kenalkan Teknologi Pertanian Anti Sakit Pinggang Kepada KWT Simadu Jaya

Banyumudal (30/01/2023) Pada periode 2022/2023, Tim 1 KKN Universitas Diponegoro mendapat kesempatan untuk mengadakan kegiatan pengenalan tentang Teknologi Tepat Guna dan metode pembuatan serta pemanfaatan Teknologi Tepat Guna kepada Kelompok Wanita Tani Simadu Jaya, Dusun Simadu, Desa Banyumudal.

Teknologi Tepat Guna merupakan sebuah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjawab permasalahan yang timbul, tidak mencemari lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta meningkatkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup.

Kegiatan Pencerdasan di Kantor Sekretariat KWT Simadu Jaya (30/01/2022)

Pengenalan Teknologi Tepat Guna Pertanian
Teknologi Tepat Guna yang diperkenalkan kepada KWT Simadu Jaya adalah Alat Penabur Pupuk Sederhana. Alasan alat ini menjadi pilihan bagi KWT Simadu Jaya adalah pertama, mayoritas masih menggunakan cara manual dalam menebar pupuk, yaitu dengan menggunakan tangan, sehingga sangat tidak efisien dan efektik dalam proses bertani . Kedua, Menghindari resiko cedera pada tulang punggung. Faktor pekerjaan yang berat sebagai Ibu Rumah Tangga kemudian dilanjutkan sebagai wanita tani. Hal ini menyebabkan sangat rentan cidera pada tulang punggung. Ketiga, Kehigenisan juga tetap menjadi faktor utama demi mengurangi zat-zat kimiawi berbahaya yang menyentuh tubuh.

Tentunya dengan adanya Teknologi Tepat Guna Alat Penabur Pupuk, juga dapat menghadirkan beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh Kelompok Wanita Tani Simadu Jaya. Adapun manfaat yang dirasakan diantaranya: mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaan dan tenaga yang dibutuhkan, mengurangi resiko cidera, meningkatkan hasil produksi yang lebih tinggi dari biasanya, berpotensi memenuhi kebutuhan hidup, meningkatkan kesejahteraan serta kualitas keterampilan masyarakat Desa Banyumudal.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pengenalan dan pencerdasan ini dilakukan di Kantor Sekretariat KWT Simadu Jaya yang bertepatan di Desa Banyumudal, Dusun Simadu RT 09/RW 07 yang dihadiri oleh 15 orang wanita tani serta masyarakat desa sekitar. Dalam kegiatan ini masyarakat cukup antusias dengan cara pembuatan dan penggunaan Alat Penabur Pupuk serta sangat ingin mengetahui lebih banyak Teknologi Tepat Guna lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk proses pertanian.

Luaran Kegiatan
Pada akhir kegiatan Ibu Sunarti selaku Ketua KWT Simadu Jaya memberikan beberapa pesan dan kesan selama mengikui kegiatan ini. Ibu Sunarti sangat mengharapkan adanya inovasi Alat Penabur Pupuk Cair juga dimasa mendatang, sehingga semakin memudahkan wanita tani untuk menabur pupuk. Selain itu, beliau juga berpesan agar mahasiswa tetap semangat dalam mengabdikan dirinya untuk pembangunan bangsa dan selalu mengamalkan setiap ilmunya yang didapatkan selama proses perkuliahan.

Selain itu, pada akhir kegiatan pencerdasan ini dilakukan pemberian 1 prototype Alat Penabur Pupuk Padat Sederhana beserta modul panduan pembuatan alat kepada Pengurus Harian KWT Simadu Jaya. Harapannya alat dan modul ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Kelompok Warga Tani Simadu Jaya dalam mengembangkan produktivitas dan efektivitas dalam pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *