KegiatanNewsTechnology

Perluas Pangsa Pasar Online, Mahasiswa Tim I KKN UNDIP Berikan Pelatihan Memulai e-commerce bagi Kelompok Wanita Tani Simadu Jaya

Banyumudal, Pemalang (Februari 2023) – Di era serba digital seperti sekarang rasanya hampir semua orang sudah pernah berbelanja secara online atau paling tidak melihat iklan e-commerce berseliweran di layar kaca. Berbelanja secara online kerap menjadi pilihan lantaran memberikan berbagai kemudahan seperti menghemat waktu dan energi karena tidak perlu meluangkan jadwal khusus untuk pergi ke toko lantaran bisa pesan dimana saja asalkan terhubung dengan koneksi internet; kemudahan dalam pembayaran dengan menggunakan QRIS, debit rekening bank, dan berbagai macam dompet digital serta adanya fitur COD dan bayar di mini market bagi pembeli yang tidak memiliki rekening bank maupun dompet digital; harga yang ditawarkan oleh merchant di toko online pun relatif lebih murah dibandingkan dengan toko yang mempunyai bangunan fisik karena tidak membayar biaya sewa gedung maupun biaya display barang dagangan. Berbelanja secara online juga menawarkan berbagai keuntungan seperti voucher gratis ongkos kirim, potongan harga atau diskon di tanggal tertentu dalam waktu terbatas (flash sale), serta cashback dan reward point yang dapat dipakai untuk berbelanja dikemudian hari.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Simadu Jaya adalah perkumpulan ibu-ibu di RT 009 RW 007 Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang yang mendapat bantuan dari Dinas Pertanian untuk menanam tanaman ketahanan pangan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan pokok ditingkatkan paling dasar. Selain menanam dan membudidayakan tanaman dari bibit hingga siap dipanen di lahan yang dimiliki KWT, ibu-ibu anggota KWT Simadu Jaya masing-masing secara pribadi juga memiliki usaha berdagang makanan antara lain keripik ubi, jamu, pecel, dan usaha warung kelotong. Semua aktivitas perdagangan tersebut masih dilakukan secara tradisional, dimana penjualannya mengandalkan word of mouth, hanya dipasarkan mulut ke mulut sehingga pembelian pun terbatas hanya di sekitar wilayah Desa Banyumudal. Melihat potensi tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tim I Universitas Diponegoro pun berinisiatif untuk membantu anggota KWT Simadu Jaya dalam mengembangkan bisnis secara online supaya dapat menjangkau lebih banyak pembeli lagi.

Pendampingan simulasi pembuatan akun e-commerce

Maka pada hari Minggu tanggal 5 Februari 2023 pukul 15:00 WIB bertempat di Kantor Sekretariat Kelompok Wanita Tani Simadu Jaya RT 009 RW 007 Desa Banyumudal, mahasiswa KKN UNDIP TIM I tahun 2022/2023 melaksanakan program kegiatan pelatihan pemanfaatan media sosial untuk berjualan online diikuti oleh 25 orang dari Kelompok Wanita Tani Simadu Jaya. Dimulai dengan simulasi penggantian akun WhatsApp yang telah dimiliki ibu ketua KWT menjadi akun WhatsApp Business agar bisa mengakses fitur-fitur yang lebih banyak seperti katalog produk. Dilanjutkan dengan simulasi foto produk yang baik dan menarik menggunakan aplikasi Sellury yang bisa diakses menggunakan telepon seluler pintar, serta pembuatan stiker produk yang menarik untuk makanan.

Simulasi foto produk

Pembuatan stiker labeling makanan

Ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani Simadu Jaya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berterima kasih atas materi yang dipaparkan serta pendampingan simulasi secara langsung yang dapat diterapkan dalam usaha masing-masing anggota. Besar harapan ibu-ibu KWT Simadu Jaya kedepannya usaha masing-masing anggota dapat berkembang lebih pesat dan aktivitas KWT Simadu Jaya secara kelompok juga dapat lebih produktif.

Penulis : Ribka Rusdianira, Fakultas Ekonomika dan Bisnis/Manajemen, 12010117130207, KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *