KegiatanNewsTechnology

Terobosan Baru Mahasiswa KKN UNDIP dalam meningkatkan UMKM dengan Peta

30/1/2023) pelaksanaan kegiatan Pencerdasan dan pendampingan yang telah dilakukan TIM KKN UNDIP desa Banyumudal dalam penyusunan Pembuatan Peta Persebaran UMKM ini sangatlah penting karena manfaat dari adanya peta ini dapat membantu mempublikasikan sebaran kegiatan UMKM yang ada di desa banyumudal, sehingga kegiatan usaha UMKM ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar desa, yang akan berdampak positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Desa Banyu sendiri merupakan salah satu desa terluas yang ada di kecamatan moga, luas desa banyumudal mencapai 915 Ha, Jarak terdekat ibukota kecamatan adalah 5Km dengan tempuh waktu 15 menit. Sedangkan jarak ke ibu kota kabupaten adalah 40 km dengan lama jarak tempuh 2 jam. Desa Banyumudal ini memiliki potensi yang sangat banyak dalam meningkatkan kegiatan UMKM karena desa banyumudal ini merupakan salah satu desa dengan status sebagai perkotaan karena di desa banyumudal memiliki ber bagai jenis sarana dan prasarana jalan lokal serta beberapa pendidikan sekolah dasar yang memadai. Maka dari itu untuk mengembangkan dan meningkatkan kegiatan UMKM ini perlu adanya penyusunan peta persebaran umkm.

Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan Pendampingan dan Pencerdasan dalam Penyusunan Peta Persebaran UMKM di Desa Banyumudal, bersama ibu ibu KWT SIMADU JAYATerobosan Baru Mahasiswa KKN UNDIP dalam meningkatkan kegiatan UMKM melalui penyusunan pembuatan Peta Persebaran UMKM

Permasalahan dasar yang ada di desa banyumudal adalah tidak ada yang bergerak dalam bidang tata ruang sehingga data data spasial untuk melakukan pengolahan dalam penyusunan peta ini harus dilakukan survei dan groundcheck dengan tujuan untuk memperoleh data sekunder. Kurangnya informasi terkait dengan keberadaan UMKM yang ada di desa ini masih di jangkau antar tetangga ataupun dalam lingup desa, hanya beberapa saja UMKM yang sudah cukup terkenal di berbagai desa bahkan salah satu kegiatan UMKM ini, yaitu “ simadu craft” sudah berhasil mengekspor barang produksinya hingga ke luar negeri.
Berdasarkan permasalahan tersebut Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Semarang melakukan kegiatan pencerdasan dan pendampingan kepada masyarakat dan juga ke perangkat desa dalam meningkatkan usaha UMKM dari segi pemetaan yang menampilkan informasi Geospasial guna Masyarakat desa ataupun luar desa dapat lebih mengetahui potensi yang ada di desa banyumudal untuk meningkatkan kegiatan UMKM dan pemetaan yang dilakukan oleh TIM Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro ini untuk membantu perangkat desa dalam menyusun dan melengkapi data data Spasial.
Metode Pelaksanaan
Dalam Kegiatan Pencerdasan dan Pendampingan Penyusunan Peta Persebaran UMKM yang ada di desa Banyumudal diawali dengan melakukan survei lapangan untuk mengetahui jenis dan karakteristik, serta potensi dan permasalahan yang ada di Desa Banyumudal. Kemudian mengumpulkan data data sekunder, selanjutnya adalah melakukan Groundcheck, yaitu melakukan penitikan terhadap jenis kegiatan UMKM yang ada di desa Banyumudal, selanjutnya adalah data spasial tersebut di export dan diubah jenis file nya menjadi KMZ, yang kemudian untuk dilakukan pengolahan dengan menggunakan software ArcGIS, jika pelaksanaan dalam pengolahan sudah selesai maka kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Tim KKN Universitas Diponegoro ini adalah melakukan Kegatan Pencerdasan dan Pendampingan Penyusunan Peta Persebaran UMKM yang dilakukan Bersama dengan Masyarakat guna untuk mengetahui terkait tata cara pembuatan peta serta mengetahui manfaat dengan adanya pemetaan.

Gambar 2.Peta Persebaran UMKM Desa Banyumudal. Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Tahun 2023

Hasil Peta ini mencakup berbagai jenis informasi, yaitu: Batas administrasi, Jaringan Jalan yang telah di rincikan seseua dengan Kelas Jalan, Sungai dan Juga Titik Persebaran UMKM yang ada di desa Banyumudal. Penyerahan Peta dan juga Modul Pembelajaran ini dilakukan pada tanggal 20 Januari 2023 bersama dengan ibu ibu KWT yang bertempatkan di Ruang KWT SIMADU JAYA. Ibu Sunarti selaku perwakilan dari ketua KWT Simadu Jaya sangat berterimakasih dengan adanya bantuan dari mahasiswa KKN Undip TIM 1 dalam membantu pembuatan serta pelatihan penyusunan peta persebaran UMKM “saya mengucapkan terimakasih banyak atas rancangan kegiatan tersebut yang telah dilakukan oleh anak anak mahasiswa KKN UNDIP untuk membantu dalam menyukseskan dalam peningkatan dan menyebarluaskan kegiatan UMKM yang ada di Desa Banyumudal, harapan saya kegiatan UMKM yang ada di Desa Banyumudal dapat lebih dikenal oleh masyarakat, sehingga mampu meningkatkan perekonomian”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *